Sabtu, 20 Agustus 2016

sebuah kisah



Sebuah Kisah
By : Firdaus A’la
            Apalah arti sebuah cerita, pabila tanpa makna yang berharga? Apalah arti sebuah kisah, jika hampa terasa tak ada nasehat-nasehat di dalamnya? Engkau kan menemukan jutaan kisah di dunia ini sepanjang waktumu. Yang pasti kisah-kisah tersebut, kan memiliki arti tertentu.
            Sebuah cerita, tersusun atas lembaran-lembaran putih memuat kata-kata perajut makna. Jikalau kisah tak ada artinya, untuk apa dibaca?
            Hikmah kan terkandung dalam setiap jengkal langkah-langkah kaki. Disanalah kita kan temukan kisah-kisah. Engkau berada dalam kamar, kau merenungkan segala kejadian hari ini. Itulah kisah hidupmu. Engkau berjalan, kau lihat kerikil. Engkau dapat mengambil kisah darinya. Sebagai contoh, umpamakan dirimu adalah kerikil tajam yang terhempas dan terlupakan di pinggir jalan. Pikirkan bagaimana perasaanmu saat memerankan rekaan itu. Saat itu kau hanya diam, teracuhkan, di tampar-tampar debu-debu berterbangan. Di tendang-tendang kaki-kaki yang gatal. Akhirnya melebur menjadi debu-debu berterbangan.
            Lalu apa maknanya?
            Jangan engkau hidup bagai kerikil di pinggir jalan, yang hanya diam, menunggu nasib menghempaskannya. Hidup tanpa rencana, tak beraturan, di tending-tendang oleh waktu. Tanpa makna. Hingga akhirnya melebur bersama kematian. Apakah itu kehidupan yang baik?
            Lalu, kau dapat mengkaitkannya dengan benda sejenis, namun di lain tempat. Semisal, setelah kau tangkap makna kerikil di pinggir jalan, tangkaplah makna kerikil-kerikil yang ada di gunung-gunung, lembah-lembah, dan bangunan-bangunan, bagaimana mereka merasakan hidupnya. Kerikil bangunan contohnya, kau dapat menangkap sisi positifnya.
            Jadilah kerikil bangunan yang dapat memberi makna akan hidupnya yang bermanfaat. Dia bermanfaat. Dia dapat diandalkan. Tanpa kehadirannya, manusia takkan dapat membuat bangunan.
            Hidup adalah lika-liku kisah. Setiap jengkal kan ada hikmah.
            Lalu, bagaimana caramu menyimpulkannya?
Semarang, 20 Agustus 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar